Jumat, 28 November 2014

Manfaat Dongeng Untuk Anak




Allah memerintahkan kepada Rasul-Nya Muhammad saw. untuk menceritakan tentang kisah nabi dan rasul terdahulu dengan ummatnya. Allah berfirman:

"Ceritakanlah hai Muhammad kisah Ibrahim di dalam al-kitab al-qur'an ini. sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang nabi".( maryam:41)

Dongeng mampu meningkatkan imajinasi anak. sebaliknya, anak yang kurang imajinasi bisa berakibat pada kurangnya pergaulan, sulit bersosialisasi, atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru. ada lima manfaat dongeng untuk anak, yaitu sebagai berikut:

1. Merangsang kekuatan berpikir.

Semua dongeng atau cerita memiliki alur yang baik yang membawa pesan moral, berisi tentang harapan, cinta dan cita-cita. Sehingga anak dapat mengasah daya pikir dan imajinasinya. Hal ini belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari televisi.

2. Sebagai media yang efektif.

Cerita atau dongeng merupakan media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati. Misalnya, nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, serta kebiasaan-kebiasaan lainnya. Para tokoh cerita dalam dongeng tersebutlah yang diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi anak.

3. Mengasah kepekaan anak terhadap bunyi-bunyian.

Saat mendongeng, bakat akrobatik suara sangat berguna. Bagaimana suara orangtua yang yang lemah dan gemetar, suara tokoh yang disegani, suara penjahat, auman seekor singa, suara ayam berkokok dan sebagainya. Kita harus berusaha menghidupkan kata-kata yang dipilih si pengarang dengan cermat. Hal ini akan mengasah pendengaran anak terhadap nuansa bunyi-bunyian.

4. Menumbuhkan minat baca sang anak.

Dongeng dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. Setelah tertarik pada berbagai dongeng, diharapakan sang anak mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. Tak hanya buku dongeng, melainkan juga buku-buku lainnya.

5. Menumbuhkan rasa empati

Orang tua tentunya ingin anak-anaknya memiliki banyak pengetahuan yang berguna agar bisa memahami dan mempunyai rasa empati terhadap orang lain. Tokoh-tokoh di dalam buku cerita atau yang disampaikan pendongeng akan terasa hidup. Dengan memahami tokoh, akan akan memahami dirinya, dia akan mulai berpikir dan akan mampu membedakan antara orang baik dengan orang jahat. Tentu saja akan menjadi pelajaran yang sangat berharga dan di saat anak tumbuh dewasa, dia akan belajar menghormati perbedaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar